Biografi dan Profil Cahyono – Pelawak Indonesia

Biografi Cahyono – Merupakan aktor serta pelawak dari Indonesia. Di tahun 70 an ia bergabung dengan Jayakarta Grup barengan Jojon, Esther, dan Uuk. Cahyono menjadi personel Jayakarta Grup yang terakhir meninggal dunia. Uuk dan Ester telah lebih dulu menghembuskan napas terakhir mereka. Setelah itu Jojon, partner Cahyono, meninggal dunia pada tahun 2014 yang lalu, tepatnya pada 6 Maret 2014.

Pendidikan dan Karir

Cahyono lahir di Banyuwangi, Jawa Timur, 26 Desember 1951. Bakat melawaknya telah tumbuh saat duduk di bangku SMP. Saat itu ia mulai banyak disukai teman-temannya. Semua betah mendengarkan Cahyono saat ia melawak. Cahyono pun mulai bergabung dengan grup lawak amatir dan mulai rutin manggung dari kampung ke kampung dan dari sekolah ke sekolah.

Menyadari bakat lawak dalam dirinya terus berkembang, akhirnya Cahyono yang saat itu berusia 21 tahun memutuskan hijrah ke Jakarta. Tepatnya tahun 1972. Pertama kali menjejakkan kaki di Jakarta, ia bergabung dengan sebuah grup komedi Jawa Timur. Dua tahun setelahnya, ia bertemu dengan pelawak Jojon, yang saat itu aktif di grup lawak Jawa Barat. Setelah berdiskusi dan menemukan kecocokan, mereka sepakat membentuk grup lawak baru bernama Jayakarta Grup.

Cahyono meraup popularitas dan puncak karier di era 70-an bersama Jayakarta Grup. Cahyono, Jojon, Ester dan Uuk, empat personel Jayakarta Grup selalu tampil dengan ciri khas masing-masing. Bersama Jayakarta, ia mendapatkan puncak kariernya bersama tahun 1978 saat mereka sukses menembus dunia televisi dan rutin tampil di TVRI.

Selain di dunia lawak, Cahyono pun sempat membintangi banyak judul film layar lebar. Di antaranya Lantai Berdarah (1971), Remaja Pulang Pagi (1978), Apa Ini Apa Itu (1981) hingga Barang Antik (1983).

Menjadi Mualaf

Katolik adalah agama Cahyono Sebelum pindah ke Jakarta. Setelah pindah ke Jakarta dan berkenalan dengan Jojon dan teman-temannya di Jayakarta Grup, perlahan Cahyono mulai belajar agama Islam. Awal dirinya tertarik dengan Islam, adalah saat dirinya penasaran setiap kali tiga rekannya menunaikan ibadah shalat saat mereka sedang manggung di luar kota. Ia pun memberanikan diri berdiskusi dan bertanya soal Islam pada Jojon.

Sampai akhirnya di tahun 1992, Cahyono memutuskan untuk pindah memeluk agama Islam. Di masa tuanya, saat tak lagi aktif di dunia lawak, Cahyono pun berubah profesi jadi pendakwah. Ia sering mengisi ceramah agama di banyak daerah di Indonesia.

Meninggal dunia

Pelawak senior Cahyono meninggal dunia jam 12.10 WIB, hari ini, Kamis 25 Mei 2017 dalam usia 65 tahun. Komedian yang tenar bersama Jayakarta Grup ini sebelumnya menderita penyakit stroke pada 2013, dan dirawat di Rumah Sakit Islam Pondok Kopi.

Filmografi

Lantai Berdarah (1971)
Reo Manusia Srigala (1977)
Pulau Cinta (1977)
Raja Copet (1977)
Gara-Gara Janda Kaya (1977)
Gudang Uang (1978)
Remaja Pulang Pagi (1978)
Saritem Penjual Jamu (1978)
Dukun Kota (1978)
Apa Ini Apa Itu (1981)
Okey Boss (1981)
Barang Antik (1983)

Sumber : https://biografi-tokoh-ternama.blogspot.co.id/2017/05/profil-biodata-biografi-cahyono-pelawak-indonesia.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *