George dan Profil De Hevesy – Penemu Unsur Kimia Hafnium

Biografi George de Hevesy – Merupakan kimiawan dari negara Hungaria, yang manabersama dengan Dirk Coster menjadi penemu unsur kimia hafnium. Di tahun 1943, ia juga memenangkan Nobel atas prestasinya dalam pengembangan pelacak radioaktif.

George de Hevesy lahir pada 1 Agustus 1885, di Budapest, Austria-Hongaria (kini Hongaria). Hevesy menempuh perguruan tinggi di Technische Hochschule di Berlin dan Universitas Freiburg. Ia memulai karya dalam kimia pada 1911 di Universitas Manchester di bawah Ernest Rutherford, yang mempengaruhinya bereksperimen dengan isotopic tracers. Pada 1912, Hevesy pindah ke Wina, Austria untuk berkolaborasi dengan Friedrich Paneth.

Pada 1923, bersama dengan Dirk Coster, Hevesy menemukan unsur kimia hafnium. Hafnium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Hf dan nomor atom 72. Logam transisi ini memiliki sifat kimia yang mirip dengan zirkonium. Hafnium digunakan sebagai campuran aloy wolfram pada filamen dan elektrode, dan juga berperan sebagai penyerap neutron pada pembangkit listrik tenaga nuklir.

Ia menjadi guru besar di Universitas Freiburg pada 1926 di mana ia menentukan kuantitas komparatif unsur kimia. Pada 1934, Hevesy mulai mencari isotop radioaktif fosfor melalui tubuh manusia untuk mempelajari proses kimia.

Setelah melarikan diri dari Nazi pada 1943, Hevesy dianugerahi Hadiah Nobel Kimia untuk karyanya dengan isotop radioaktif. Hevesy merupakan perintis dalam penelitian cermat dalam mata pelajaran biokimia dalam badan hidup dengan memperkenalkan isotop radioaktif atau pencari jejak isotop. Proses ini dikenal dengan metode pengusutan dan menyumbang bagi pengetahuan dunia tentang urutan kimia yang terjadi dalam siklus kehidupan.

Hevesy menjadi guru besar di Institut kimia organik di Stockholm pada 1943. Setelah PD II, Hevesy kembali ke Jerman untuk melanjutkan penelitiannya. Pada 1962, ia menerbitkan penemuannya dalam Adventures in Radioisotope Research yang terdiri atas 2 jilid.

Hevesy meninggal pada 5 Juli 1966, di Freiburg im Breisgau, Jerman Barat, di usia 80.

Sumber : https://blogpenemu.blogspot.co.id/2016/03/george-de-hevesy-penemu-unsur-kimia-hafnium.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *